Kamis, 24 Mei 2012

Komik Jepang dan Korea Yang Digemari ABG 24 May 2012 | From timlo.net shared by pitrek an hour ago

Wonogiri — Di tengah terjangan dunia yang serba digital, bisnis persewaan komik dan cerpen nyatanya masih eksis di Kabupaten Wonogiri. Terutama persewaan komik Jepang dan Korea yang tetap banyak penggemar khususnya kalangan remaja.
Komik dengan tokoh fiksi dari Negeri Sakura dan Ginseng menduduki peringkat pertama dari deretan komik yang diminati ABG.  Sebut saja Goong dan Secret (Korea), atau One Piece, Detektif Conan serta Dragon Ball (Jepang), juga komik baru dengan settingan ala dandanan penyanyi K-Pop. Dipastikan calon penyewa mesti rela antri lantaran telah lebih dulu disewa.
“Biasanya yang menyewa adalah anak-anak SMP sampai SMA Mas, cowok atau cewek masih suka komik terutama Jepang dan Korea, makanya saya tetap menggeluti bisnis ini,“ ungkap Joko Riyanto (60), pemilik usaha persewaan komik Syeira di dekat SMP Negeri 1 Wonogiri, ketika dijumpai Timlo.net, Kamis (24/5).
Menurut pria asal Pati ini, dalam sehari rata-rata dia memperoleh keuntungan bersih Rp 50.000. Sehingga hanya dari mengandalkan bisnis itu dirinya dalam satu bulan minimal mengantongi Rp1,5 juta. “Pendapatan terbesar ya dari komik Jepang dan Korea, itu yang paling laku, kalau komik lain paling tidak sampai 10 persennya,“ jelas Joko.
Hitung-hitungannya adalah satu komik dibanderol Rp 800 sampai Rp 1.500  untuk jangka sewa satu minggu. “Biasanya anak-anak sewa lima komik, setelah masa sewa habis langsung ganti komik yang lain, begitu seterusnya,“ ujarnya.
Joko kemudian menambahkan, demam K-Pop yang melanda dunia ABG berimbas pula pada kenaikan omzet bisnisnya. “Sebelum ada K-Pop, komik Jepang dan Korea sebenarnya sudah banyak yang minat, tapi setelah itu tambah naik lagi,“ pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar